Sunday, April 14, 2019

Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner dan Membuat Tombol Subscribe di Blog


Jika sobat pemain lama dalam dunia blog atau website, Feedburner bukanlah hal yang baru bagi sobat. Namun bagi yang masih awam atau pemula dalam dunia blog atau website TOP GLOBAL SOLUTIONS ingin sedikit menjelaskan apa itu Feedburner.

Feedburner merupakan suatu situs penyedia layanan gratis milik mbah google yang dapat mengelola halaman feed pada blog atau website kita. Feedburner sendiri dapat melakukan ping secara otomatis ke mbah google. Dengan begitu SEO pada blog atau website kita dapat menjadi meningkat. Melalui Feedburner juga pengunjung setia dari blog atau website kita dapat menerima artikel-artikel terbaru melalui pemberitahuan atau notifikasi dari email mereka.

Dengan penjelasan singkat di atas mudah-mudahan sobat sekalian bisa sedikit memahami apa itu Feedburner dan manfaatnya. Sekarang TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan sedikit tutorial bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner dan Membuat Tombol Subscribe di Blog.

Cara Mendaftarkan Blog atau Web di Feedburner

Yang pertama silahkan sobat kunjungi situs feedburner.google.com, kemudian masuk menggunakan akun email blog sobat.

Setelah masuk pada halaman Feedburner, silahkan sobat masukan alamat URL blog atau website sobat, lalu klik Next.


Silahkan sobat pilih salah satu URL feednya Atom atau RSS semuanya sama saja, kemudian klik Next.


Selanjutnya isikan judul feed dan alamat URLnya sesuai keinginan sobat, lalu klik Next. Namun, jika terjadi kesalahan seperti pada gambar di bawah, itu berarti nama atau alamat feed tersebut sudah ada. Solusinya silahkan sobat tambahkan satu angka atau huruf dibelakangnya, lalu klik Next.


Setelah tampil seperti gambar di bawah, silahkan sobat catat alamat URL feednya yang nantinya akan di masukan di blog sobat, kemudian klik Next.


Pada halaman selanjutnya, silahkan sobat centang semuanya, lalu klik Next.


Setelah tampil seperti pada gambar di bawah ini, berarti sobat sudah terdaftar di  Feedburner.


Setelah sobat selesai daftarkan blog ke Feedburner, langkah selanjutnya memasang feed tersebut ke blog sobat.

Cara Memasang Feedburner di Blog

Yang pertama sobat kunjungi situs www.blogger.com, lalu masuk menggunakan akun email blog sobat.

Selanjutnya, pilih Settings -> Other dan pada Post Feed Redirect URL klik Add, kemudian isikan alamat URL feed sobat tadi, lalu klik Save settings.


Setelah memasang Feedburner di blog, sobat juga bisa memasang tombol Subscribe pada blog, agar pengunjung setia dari blog atau website sobat bisa menerima artikel-artikel terbaru melalui pemberitahuan atau notifikasi dari email mereka.

Cara Memasang Tombol Subscribe Feedburner di Blog

Yang pertama sobat masuk ke situs feedburner.google.com, kemudian pilih menu Publicize -> Email Subscriptions, lalu klik Activate.


Setelah aktif, silahkan sobat copy script yang telah tampil tersebut untuk dipasangkan pada widget blog sobat.


Setelah di copy script tadi, sobat pergi ke blogger.com, kemudian pilih Layout atau Tata Letak, kemudian  Add a Gadget atau Tambahkan Gadget.


Kemudian sobat pilih HTML/JavaScript, dan pastekan script tadi, lalu klik Save atau Simpan.


Jika sudah, maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Demikian tutorial singkat bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner dan Membuat Tombol Subscribe di Blog, semoga bermanfaat dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email