Sunday, May 19, 2019

Cara Membuat Auto Chord Piano (Keyboard) di FL Studio


Sobat sekalian mungkin pernah mendengar atau melihat sendiri, kalau keyboard hardware yang dimainkan menggunakan satu nada tapi langsung menghasilkan sebuah bunyi dengan chord atau kunci tertentu, seperti major ataupun minor. Ya, hal tersebut merupakan sebuah settingan auto chord dari keyboard hardware tersebut, sehingga apabila kita menekan satu nada saja akan secara otomatis membentuk tiga nada dan menghasilkan sebuah chord atau kunci tertentu.

Hal ini kita bisa terapkan pada sebuah software yang bernama FL Studio. Jika sobat belum paham tentang apa itu manfaat, fungsi-fungsi fitur dan cara penggunaan dari FL Studio, sobat bisa baca pada artikel Cara Dasar Membuat Musik Menggunakan FL Studio Untuk Pemula.

Baca juga :
Nah, dari penjelasan di atas, untuk artikel kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan membahas bagaimana Cara Membuat Auto Chord Piano (Keyboard) di FL Studio. Sebenarnya ada banyak plugin Piano (Keyboard) yang bisa digunakan di FL Studio, tapi dalam tutorial kali ini kita menggunakan VST plugin bawaan dari FL Studio.

Tutorial Membuat Auto Chord Piano (Keyboard) Menggunakan FL Studio

Yang pertama sobat buka FL Studionya, lalu pada menu pilih ADD -> FL Keys.


Selanjutnya, klik pada icon Channel rack dan klik kanan pada FL Keys yang ada di jendela Channel rack, lalu pilih Piano roll.


Kemudian, untuk menampilkan chord pada piano roll, sobat klik tanda arah panah pada sudut kiri atas piano roll tersebut, lalu pilih View -> Key labels -> All notes.


Disini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan membuat nada dasar C dengan empat chord atau kunci yaitu, C, AM, DM dan G. Karena nada pertamanya adalah C (Major), maka kita menyetting piano rollnya ke Major dulu, dengan cara mengklik icon Stamp, lalu pilih Major.


Setelah itu, klik pada nada C di piano roll maka secara otomatis akan muncul tiga nada yang membentuk chord atau kunci C (Major).


Untuk langkah selanjutnya, chord atau kunci kedua adalah AM (Minor), sama seperti pada chord atau kunci C tadi, sobat klik icon Stamp, namun bedanya kita pilih Minor. Kemudian klik pada nada A di piano roll, maka secara otomatis akan muncul tiga nada yang membentuk chord atau kunci AM (Minor).


Langkah selanjutnya, sobat lakukan hal yang sama pada chord atau kunci DM dan G, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.


Perlu sobat ketahui metode auto chord atau kunci ini, bisa sobat terapkan di VST plugin lainnya seperti gitar, biola atau violin dan lainnya.

Note : untuk melakukan auto chord atau kunci, dalam setiap nada yang sobat buat harus mengklik icon Stamp dan memilih Major, Minor atau lainnya, agar menghasilkan tiga nada sekaligus. Jika sobat hanya mengklik icon Stamp sekali saja dan nada berikutnya sobat tidak mengklik icon Stamp, maka nada yang tampil hanya akan satu nada saja.

Demikian tutorial sederhana bagaimana Cara Membuat Auto Chord Piano (Keyboard) di FL Studio, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.

Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email