Tuesday, May 7, 2019

Cara Menampilkan Layar PC atau Laptop di HP Android Tanpa Kabel USB


Mungkin sobat sekalian pernah melihat di televisi, kantor, ruko, atau di tempat lainnya ada sebuah komputer menggunakan dua monitor dengan tampilan yang sama. Ya, memang hal tersebut sudah tidak asing lagi, karena windows sendiri memiliki fitur display atau tampilan yang bisa menampilkan monitor lebih dari satu.

Bagi sobat yang ingin mencoba hal tersebut, namun tidak memiliki monitor lebih, sobat bisa menggunakan HP android sebagai pengganti monitor. Dengan HP android dijadikan sebagai monitor tambahan, kita bisa melakukan beberapa aktifitas sekaligus.

Baca Juga :

Cara Menampilkan Layar PC atau Laptop di HP Android

Pada artikel sebelumnya TOP GLOBAL SOLUTIONS sempat membahas bagaimana Cara Menampilkan Layar HP di PC atau Laptop Tanpa menggunakan Kabel USB, namun pada kesempatan kali ini pembahasan tersebut justru sebaliknya yaitu, bagaimana Cara Menampilkan Layar PC atau Laptop di HP Android Tanpa Kabel USB. Jadi, untuk prosesnya cukup sederhana, kita cukup menggunakan aplikasi atau software yang bernama Spacedesk. Sesuai dengan judul di atas, kita melakukan trick ini tanpa menggunakan kabel USB, tapi untuk menghubungkannya kita gunakan jaringan WIFI.

Untuk lengkapnya silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah.

Pertama : Instal Spacedesk di HP Android dan PC atau Laptop

Download dan instal aplikasi Spacedesk di Play Store pada HP android sobat.


Selanjutnya, sobat download softwarenya Spacedesk untuk PC atau Laptopnya di situs  www.spacedesk.net. Lalu pilih softwarenya sesuai dengan System Operasi Windows yang sobat gunakan di PC atau Laptop sobat. Setelah terdownload, instal software Spacedesk pada PC atau Laptop sobat. Jika sudah terinstal, restart PC atau Laptopnya.

Kedua : Hubungkan HP android ke PC atau Laptop 

Setelah Spacedesk terinstal di HP android dan PC atau Laptop sobat, langkah selanjutnya sobat hubungkan keduanya melalui jaringan WIFI, dengan cara menggunakan Hotspot yang ada pada HP android.


Jika sobat tidak ingin menjadikan HP android sebagai Hotspot, sobat bisa menggunakan jaringan WIFI lainnya, tapi dengan catatan PC atau Laptop dan HP android sobat harus terhubung pada jaringan WIFI yang sama.

Jika keduanya sudah terhubung, silahkan sobat buka Spacedesk di HP android. Setelah terbuka, secara otomatis IP PC atau Laptop sobat akan terlihat. Selanjutnya pilih pada IP PC atau Laptopnya yang ada pada Spacedesk, maka akan terkoneksi.


Biasanya IP PC atau Laptop secara otomatis akan terlihat, namun jika tidak terlihat, sobat bisa masukan secara manual dengan memilih icon plus (+), kemudian isikan IP PC atau Laptop sobat, lalu pilih ADD.


Untuk mengetahui IP pada PC atau Laptop, caranya buka CMD di PC atau Laptop sobat, lalu ketik ipconfig, kemudian tekan Enter, maka akan terlihat IP PC atau Laptop sobat, seperti pada gambar di bawah ini.


Nah, sekarang tampilan monitor yang ada pada PC atau Laptop sudah muncul di layar HP android seperti pada gambar dibawah ini.


Ketiga : Mengatur Display (Tampilan) Spacedesk di HP Android

Untuk pengaturan Display (Tampilan) di HP android, sobat klik pada sudut kanan atas Spacedesk, lalu pilih Settings. Maka akan tampil menu Quality/Peformance, Resolution, Touchscreen, Rotation dan Connection.

Keterangan Fungsi

Quality/Peformance :
  • Image Quality untuk mengatur kualitas gambar.
  • Color Depth untuk mengatur kualitas warna.
  • Custom FPS Rate untuk mengatur banyaknya FPS atau Frame per Second.

Resolution :
  • Pada pilihan Use native android device resolution dan Use custom resolution, sobat centangkan saja keduanya.
  • Choose Custom Resolution untuk mengatur Lebar x Tinggi pada tampilan layar dengan satuan pixel.

Touchscreen :
  • Enable Touch Screen Control jika di centang, maka akan mengaktifkan layar sentuh atau menampilkan kursor pada HP android. Jika tidak di centang kursor tidak berfungsi pada HP android.
  • Touch Input Type : pada pilihan Touchscreen (absolute touch), jika kita sentuh atau usap di layar HP android, maka kursor akan muncul dan bergerak tepat pada titik dimana kita sentuh, sedangkan pada pilihan Touchpad (relative touch), kursor akan bergerak pada saat kita sentuh atau usap, namun tidak pada titik dimana kita sentuh.


Rotation : jika dicentang Auto-rotation, maka rotasi layar Landscape atau Portrait akan menyesuaikan pada HP android, namun jika tidak dicentang maka rotasi layar Landscape atau Portrait akan menyesuaikan pada settingan di PC atau laptop.


Connection : jika dicentang maka akan secara otomatis terkoneksi pada PC atau laptop yang IPnya terdeteksi. Namun jika tidak dicentang, maka kita akan mengkoneksikan secara manual.

Keempat : Mengatur Display (Tampilan) PC atau Laptop

Untuk pengaturan Display (Tampilan) di PC atau Laptop, silahkan sobat klik kanan pada desktop, lalu pilih Display settings.


Sebelum melakukan pengaturan lebih lanjut, sobat harus mengetahui terlebih dahulu bahwa, kotak yang bertuliskan angka 1 (satu) adalah monitor PC atau Laptop (monitor utama), sedangkan kotak yang bertuliskan angka 2 (dua) adalah layar HP android sobat (monitor tambahan).


Pada Menu Multiple displays terdapat 4 (empat) pilihan yaitu, Duplicate these display, Extend these display, Show desktop only 1 dan Show desktop only 2. Sobat bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan sobat. Jika sudah memilih jangan lupa untuk mengklik Apply.

Dari keempat pilihan tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Duplicate these display : Keduanya menampilkan desktop yang sama pada layar monitor. Jadi, tampilan di monitor 1 (monitor utama) sama persis dengan tampilan di monitor 2 (monitor tambahan).
  • Extend these display : pada pilihan ini, monitor akan dibagi menjadi 2 (dua) desktop. Dengan melakukan cara ini, kita bisa melakukan dua aktifitas sekaligus. Contohnya, pada monitor 1 (satu) kita gunakan untuk mengetik pekerjaan kita dan monitor 2 (dua) kita gunakan untuk menonton film.
  • Show desktop only 1 : Tampilan desktop hanya tampil pada monitor 1 (satu), maka tampilan pada monitor lainnya dimatikan atau tidak dipakai.
  • Show desktop only 2 : Tampilan desktop hanya tampil pada monitor 2 (dua), maka tampilan pada monitor lainnya dimatikan atau tidak dipakai.

Demikian tutorial sederhana bagaimana Cara Menampilkan Layar PC atau Laptop di HP Android Tanpa Kabel USB, semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email