Thursday, May 9, 2019

Cara Mengunci Folder Windows di PC atau Laptop Dengan Mudah


Pada PC atau laptop kita tentunya memiliki data atau file yang terdapat di dalamnya. Dan dari data atau file tersebut pasti ada dari salah satunya merupakan data yang penting. Mungkin dari sobat sekalian ada yang ingin data atau file tersebut tidak ingin diketahui oleh orang lain dengan alasan tertentu. Misalnya data tersebut merupakan data privasi seperti file perusahaan atau lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS ingin memberikan sedikit tips atau trick bagaimana Cara Mengunci Folder Windows di PC atau Laptop Dengan Mudah. Ada dua metode yang ingin TOP GLOBAL SOLUTIONS sarankan ke sobat sekalian yaitu, dengan menggunakan software dan tanpa menggunakan software.

Baca juga :
Oke, silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah.

Cara Mengunci Folder Windows di PC atau Laptop Dengan Software SecretFolder

Untuk metode yang pertama kita menggunakan Software SecretFolder. Dengan menggunakan software ini, sobat tidak perlu khawatir dengan tangan usil dari orang lain yang ingin menguninstal software ini, karena SecretFolder tidak akan bisa diuninstal tanpa memasukan password.

Langkah-langkahnya :
  1. Silahkan sobat download software SecretFolder.
  2. Setelah terdownload, buka file zipnya, kemudian buka file exe yang terdapat di dalam file zip tersebut. Pilih bahasanya English, kemudian klik OK.
  3. Kemudian pilih I accept the agreement, lalu klik Next dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.
  4. Langkah selanjutnya, isikan password yang nantinya dijadikan password penguncian folder dan email sobat, kemudian klik OK. Usahakan password dengan karakter yang kuat dan agar tidak lupa di catat saja passwordnya.
  5. Untuk langkah terakhirnya kita menentukan folder mana yang akan kita kunci. Caranya klik Add, kemudian klik OK. Secara otomatis foldernya akan terkunci, jika belum terkunci, pilih Lock. Jika sobat ingin menampilkannya lagi pilih folder yang ada pada list, kemudian pilih Unlock. Folder yang sudah di Lock akan tidak terlihat di explorer.


Untuk mengunci folder menggunakan Software SecretFolder, sobat dapat melihat pada video di bawah ini.

Cara Mengunci Folder di Windows


Cara Mengunci Folder Windows di PC atau Laptop Tanpa Software

Pada metode yang kedua ini, kita menggunakan Notepad. Dengan menggunakan notepad sebagai medianya, kita cuman memasukan beberapa kode script kedalam notepad tersebut untuk mengunci folder. Untuk caranya, silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah.
  1. Langkah pertama, pilih folder yang ingin sobat kunci. Kemudian masuk ke folder tersebut, lalu klik kanan pada bagian kosong di explorer, lalu pilih New -> Text Document.
  2. Setelah itu, sobat buka New Text Document tersebut, kemudian Copy kode script di bawah ini dan Pastekan di New Text Document tadi. Ganti tulisan PASSWORD_SOBAT sesuai keinginan sobat untuk dijadikan password.
    cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo sobat yakin untuk mengunci folder(Y/N)
    set/p "cho=>"
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private "HTG Locker"
    attrib +h +s "HTG Locker"
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo masukan password sobat untuk membuka folder
    set/p "pass=>"
    if NOT %pass%== PASSWORD_SOBAT goto FAIL
    attrib -h -s "HTG Locker"
    ren "HTG Locker" Private
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Private
    echo Private created successfully
    goto End
    :End
  3. Selanjutnya, pilih menu File -> Save As dan berikan nama sesuai keinginan sobat tapi di akhiri ekstensi “.bat”, sebagai contoh “topglobalsolutions.bat”. Kemudian pada Save as type sobat pilih All Files, lalu klik Save.
  4. Setelah file bat jadi, sobat hapus file New Text Documentnya.
  5. Berikutnya, sobat klik dua kali pada file bat, maka akan muncul folder bernama Private. Nah, pada folder Private inilah sobat masukan data atau file penting di dalamnya.
  6. Setelah semua data atau file penting sudah sobat masukan ke dalam folder Private, langkah selanjutnya klik dua kali pada file bat, kemudian tekan huruf Y, lalu tekan Enter. Maka secara otomatis folder Privatenya tidak terlihat atau hidden.
  7. Untuk melihat folder Privatenya lagi, klik dua kali pada file bat, kemudian isikan password yang sudah sobat buat tadi, lalu tekan Enter. Maka muncullah folder Privatenya.

Demikian sedikit tips atau trick dari TOP GLOBAL SOLUTIONS bagaimana Cara Mengunci Folder Windows di PC atau Laptop Dengan Mudah, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email