Friday, May 10, 2019

Cara Sembunyikan Partisi Drive Windows di PC atau Laptop


Hallo sobat TOP GLOBAL SOLUTIONS, jika sobat yang memiliki PC atau laptop pasti sudah tidak asing lagi dengan kata partisi atau drive yang ada pada windows. Partisi atau drive sendiri memiliki fungsi untuk membagikan beberapa bagian dari harddisk, agar memudahkan kita untuk menyimpan data atau file secara terpisah. Namun, bagaimana jika di dalam salah satu partisi atau drive tersebut memiliki data yang penting dan kita tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Nah, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS ingin memberikan sedikit tips atau trick bagaimana Cara Sembunyikan Partisi Drive Windows di PC atau Laptop. Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan hal ini, namun TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan cara yang cukup sederhana.

Baca juga :
Oke, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah.

Cara Menyembunyikan Partisi atau Drive Windows Menggunakan Regedit

Cara yang akan kita lakukan kali ini cukup sederhana tanpa menggunakan software, tapi kita cukup menggunakan Regedit.
  • Pertama, tekan tombol Windows+R di keyboard PC atau Laptop sobat. Maka akan muncul box Run, kemudian ketik regedit lalu OK.
  • Kedua, setelah Regedit terbuka, untuk windows 7 pada jendela sebelah kiri sobat pilih HKEY_CURRENT_USER -> SOFTWARE -> Microsoft -> Windows -> CurrentVersion -> Policies -> Explorer, sedangkan untuk windows 10 HKEY_LOCAL_MACHINE -> SOFTWARE -> Microsoft -> Windows -> CurrentVersion -> Policies -> Explorer.
  • Ketiga, pada jendela sebelah kanan silahkan sobat klik kanan pada area kosong, kemudian pilih New -> DWORD, lalu sobat ganti dengan nama NoDrive.
  • Keempat, sobat klik dua kali pada NoDrive tersebut dan isi Value sesuai keinginan sobat, lalu klik OK. Sebagai contoh TOP GLOBAL SOLUTIONS akan menyembunyikan Partisi atau drive C, maka di isi dengan Value 4. Untuk daftar value setiap partisi atau drive sobat bisa lihat di bawah ini.
    - Partisi atau Drive A = 1
    - Partisi atau Drive B = 2
    - Partisi atau Drive C = 4
    - Partisi atau Drive D = 8
    - Partisi atau Drive E = 16
    - Partisi atau Drive F = 32
    - Partisi atau Drive G = 64
    - Partisi atau Drive H = 128
    - Partisi atau Drive I= 256
    - Partisi atau Drive J = 512
    - Partisi atau Drive K = 1024
    - Partisi atau Drive L = 2048
    - Partisi atau Drive M = 4096
    - Partisi atau Drive N = 8192
    - Untuk semua Partisi atau drive = 67108863
  • Kelima, Restart PC atau laptop sobat.
Untuk memunculkan lagi partisi atau drive yang sudah disembunyikan, sobat hapus file NoDrive yang dibuat tadi. Tapi, karena suatu saat sobat ingin menyembunyikan partisi atau drivenya lagi, sobat cukup merubah valuenya saja menjadi angka 0, kemudian Restart PC atau laptop sobat.

Demikian tips atau trick sederhana bagaimana Cara Sembunyikan Partisi Drive Windows di PC atau Laptop, semoga bermanfaat dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email