Monday, June 17, 2019

Cara Mengatasi PC atau Laptop Lambat Dalam Bekerja


Pada zaman era globalisasi sekarang ini, PC atau laptop sudah merupakan kebutuhan yang penting, apalagi bagi pekerja kantoran. Selain itu juga, PC atau laptop dapat membantu anak sekolahan untuk mengerjakan tugas, dan mungkin juga bagi sobat yang menjalankan usaha bisnis yang harus membutuhkan alat elektronik yang satu ini.

Namun bagaimana jika PC atau laptop sobat mengalami hal yang sangat mengesalkan, yaitu PC atau laptop sobat bekerja lambat atau lemot dalam proses kinerjanya. Nah, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan sedikit tips sederhana bagaimana Cara Mengatasi PC atau Laptop Lambat Dalam Bekerja.
Silahkan sobat ikuti penjelasan penyebab dan langkah solusi dalam mengatasi pc atau laptop lambat dalam bekerja di bawah ini.

Penyebab PC atau Laptop Lambat dan Solusinya

Masalah PC atau laptop bekerja lambat atau lemot sebenarnya memiliki banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Bisa saja terjadi karena indikator dari software dan hardware dari PC atau Laptop tersebut.

Menupuknya File Sampah


Kita tak pernah sadari pada saat menggunakan PC atau laptop dalam jangka waktu yang lama dan terkadang kita lupa untuk membersihkan file sampah yang sudah menumpuk. File - file sampah tersebut bisa saja file cache, cookies, history browsing dan lainnya. Dengan banyaknya file sampah tersebut, tentu akan memakan ruang harddisk kita.

Solusi : Kita harus bersihkan file sampah cache, cookies, history browsing dan lainnya. Silahkan sobat baca artikel Cara Bersihkan File Sampah Cache di Windows.

Defragmentasi pada Harddisk


Data pada harddisk biasanya tersimpan secara terpencar atau acak seiring usia dari pemakaian harrdisk tersebut, sehingga menyebabkan kinerja PC atau laptop menjadi lambat. Itu adalah penjelasan sederhana dari istilah harddisk yang terfragmentasi.

Solusi : Untuk itu kita harus melakukan proses defrag secara berkala, misalnya satu atau dua bulan sekali. Silahkan sobat baca artikel Cara Defrag Harrdisk di Windows Dengan Mudah.

Stratup Program Yang Terlalu Banyak Berjalan


Jika di dalam PC atau laptop sobat terlalu banyak program yang terinstal, maka secara otomatis ada beberapa program yang berjalan pada saat startup windows. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari PC atau laptop kita menjadi lambat, bisa saja pada saat dinyalakan dan juga pada saat proses pengoperasiannya.

Solusi : Meng-uninstal beberapa program yang dianggap tidak penting dan mematikan atau menonaktifkan beberapa startup program dan service. Silahkan sobat baca artikel Cara Mengatasi Startup Windows Yang Lama.

Usia Harddisk Sudah Terlalu Tua atau Lama


Setiap Harddisk memiliki batas usia tertentu. Semakin lama pemakaian dari harddisk tersebut, maka peforma dari harddisknya semakin menurun. Namun hal tersebut tergantung juga dari cara perawatan dari si pengguna.

Solusi : jika memang sobat memiliki sedikit isi dompet dan mampu untuk membeli harddisk yang baru, TOP GLOBAL SOLUTIONS sarankan sobat beli SSD saja karena tingkat kecepatan kinerja SDD lebih jauh cepat dibandingkan harddisk atau HDD. Silahkan sobat baca artikel Perbedaan Harddisk HDD dan Solid State Drive SSD.

Kapasitas Harddisk yang Hampir Penuh


Jika banyak data yang terdapat di PC atau laptop sobat, dan total ruang pada harddisk hanya tersisa mencapai 5% saja dapat menyebabkan menurunnya kinerja dari PC atau laptop hingga 50%.

Solusi : Silahkan sobat pindahkan beberapa data atau file yang ada di PC atau laptop ke harddisk eksternal atau media penyimpanan lainnya.

Menjalankan Banyak Program Secara Bersamaan


Terkadang jika kita sedang asyik mengerjakan beberapa tugas pada PC atau laptop, tak disadari sudah banyak aplikasi atau program yang kita buka dalam watu bersaman. Perlu diingat jika semakin banyak program yang kita buka, maka akan memakan kapasitas dari RAM yang ada, dan hal tersebut jelas dapat memperlambat kinerja dari PC atau laptop kita.

Solusi : close atau tutup beberapa program yang tidak penting. Bisa juga sobat meng-upgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar, namun seberapa besar RAM yang ada, RAM juga memiliki batas maksimumnya.

PC atau Laptop Terkena Virus


Kasus yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu virus. Sobat sekalian pasti sudah tahu, jika PC atau laptop terinfeksi virus, maka bisa memperlambat kinerja dari PC atau laptop tersebut. Oleh sebab itu, bijaklah dalam pemakaian, baik itu secara offline maupun secara online.

Solusi : lakukanlah scanning menggunakan antivirus seperti avast, AVG dan antivirus lainnya.

Jika sobat sudah melakukan langkah - langkah di atas namun PC atau laptop sobat masih bekerja lambat atau lemot, silahkan sobat lakukan langkah terakhir yaitu, instal ulang windows. Karena dengan melakukan penginstalan ulang adalah cara yang paling ampuh mengatasi PC atau laptop yang bekerja lambat.

Demikian tips sederhana bagaimana Cara Mengatasi PC atau Laptop Lambat Dalam Bekerja, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email