Friday, June 21, 2019

Cara Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows Tanpa Melalui Menu


Pada sistem operasi windows yang ada di PC atau Laptop kita, memiliki menu shutdown, restart dan sleep. Tapi, tombol untuk shutdown, restart dan sleep tersebut tersembunyi pada menu start atau windows. Terkadang bagi beberapa pengguna merasa agak sedikit kesulitan melakukan hal tersebut, dikarenakan letaknya tersembunyi. Apalagi bagi para sobat yang masih awam dalam menggunakan PC atau laptop.

Nah, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan sedikit tips atau trick bagaimana Cara Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows Tanpa Melalui Menu. Ada dua metode yang akan kita terapkan di sini yaitu, menggunakan Shortcut dan Notepad.

Baca juga :

Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows di PC atau Laptop Menggunakan Shortcut

Metode yang pertama kita menggunakan Shortcut, silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Yang pertama, silahkan sobat klik kanan pada area desktop, lalu pilih New -> Shortcut.


Setelah itu akan tampil jedela baru, pada Type the location of the item silahkan sobat masukan salah satu kode dari Shutdown, Restart, Sleep atau Lock. Sebagai contoh pada gambar di bawah TOP GLOBAL SOLUTIONS menggunakan kode shutdown.


Silahkan sobat gunakan salah satu kodenya di bawah ini.

Shutdown
Shutdown.exe -s -t 00

Restart
Shutdown.exe -r -t 00

Sleep
rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0

Lock atau Mengunci
rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation

Setelah mengisi salah satu kode di atas, klik Next, lalu berikan nama pada file shortcutnya terserah apa saja (di sini TOP GLOBAL SOLUTION memberikan nama Shutdown auto), lalu klik Finish.


Setelah melakukan langkah di atas, maka akan muncul shortcut baru di desktop dengan nama yang sudah sobat buat tadi. Langkah selanjutnya, silahkan sobat ganti gambar iconnya dengan cara, klik kanan pada shortcut yang sudah sobat buat tadi, kemudian pilih Properties.


Jika sudah terbuka, pilih Change Icon, lalu pilih icon yang sobat sukai, lalu klik OK.


Selesai, jika sobat ingin Shutdown, Restart, Sleep atau Lock, tinggal klik dua kali pada shortcut yang sudah sobat buat tadi.

Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows di PC atau Laptop Menggunakan Notepad

Untuk metode yang kedua ini kita mengunakan Notepad, caranya sangatlah mudah, Silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Yang pertama, silahkan sobat buka notepad, kemudian masukan salah satu kode dari Shutdown, Restart, Sleep atau Lock. Kodenya sama seperti metode yang menggunakan shortcut di atas.


Setelah sobat mengisi kodenya, pilih menu File -> Save, lalu pilih lokasi penyimpanannya (di sini TOP GLOBAL SOLUTIONS memilih desktop untuk lokasi penyimpanannya), kemudian isi nama sesuai keinginan sobat, tapi diakhiri dengan ekstensi “.bat”, seperti contoh TOP GLOBAL SOLUTIONS memberikan nama filenya “Shutdown auto.bat”. Setelah itu, pada Save as type pilih All Files, lalu klik Save dan close notepadnya.



Selesai, jika sobat ingin Shutdown, Restart, Sleep atau Lock, tinggal klik dua kali pada file bat yang sudah sobat buat tadi.


Untuk jelasnya, sobat dapat melihat pada video di bawah ini.

Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows Tanpa Melalui Menu



Demikian tips atau trick sederhana bagaimana Cara Shutdown, Restart, Sleep & Lock Windows Tanpa Melalui Menu, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email