Monday, June 17, 2019

Perbedaan Harddisk HDD & Solid State Drive SSD


Ada beberapa media penyimpanan yang dapat di gunakan pada PC atau laptop kita, mulai dari zaman awalnya perkembangan teknologi hingga sekarang. Seiring perkembangan tersebut media penyimpanan memiliki beberapa jenis seperti yang tidak asing bagi sobat, mulai dari floppy disk, disket, flashdisk USB, harddisk (HDD), hingga sekarang Solid State Drive (SDD).

Namun, dari beberapa media penyimpanan di atas, seiring berkembangnya teknologi sudah mulai ditinggalkan, misalnya seperti disket dan juga floppy disk. Dan sekarang yang masih sering di gunakan untuk media penyimpanan oleh para penggunan yaitu flashdisk, harddisk (HDD) dan Solid State Drive (SDD).

Baca juga :

Perbedaan HDD dan SSD

Dari penjelasan di atas, pada kesempatan kali ini TOP GLOBAL SOLUTIONS ingin memberikan sedikit ulasan dari Perbedaan Harddisk HDD & Solid State Drive SSD. Dari kedua media penyimpanan Harddisk HDD dan Solid State Drive SSD ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu, untuk menyimpan data atau file digital baik itu, fhoto, video, audio, document dan masih banyak lagi lainnya.

Ada beberapa perbedaan yang mencolok dari Harddisk HDD dan Solid State Drive SSD. Silahkan sobat ikuti ulasan dari perbedaannya di bawah ini.

Perbedaan Betuk Fisik (Ukuran Dimensi dan Berat) HDD & SSD


Dari gambar di atas jika kita lihat perbedaan dalam bentuk fisiknya sangat jelas HDD lebih besar di bandingkan dengan SSD yang bentuknya lebih kecil, dikarenakan HDD terdapat beberapa komponen seperti head, platter dan lainnya, sehingga berpengaruh terhadap bentuk dimensinya.

Sedangkan SSD tanpa menggunkan komponen - komponen tersebut, sehingga ukuran atau bentuknya ter-compress seiring perkembangannya zaman. Bahkan, SSD untuk sekarang ini sudah tersedia yang berukuran 2,5 inci. Dengan demikian SSD yang bentuknya mini ini direkomendasikan pada pengguna laptop.

Dari perbedaan bentuk fisik yang sangat signifikan tersebut, HDD yang bentuknya lebih besar dan tebal itu otomatis lebih berat di bandingkan dengan SSD.


Perbedaan Komponen dan Mekanisme (Kecepatan Baca dan Menulis Data) dari HDD & SSD


Jika kita melihat isi dari HDD dan SSD, perbedaannya sangatlah jauh berbeda. HDD memliki komponen seperti platter, head, spindle, actuaror axis dan lainnya. Dalam proses penulisan dan membaca data, piringan pada HDD berputar oleh motor dan dari komponen elektronik yang terhubung dengan head (Slider/read-write) yang ujungnya menempel pada piringan (platter) tersebut mengelola atau melakukan proses penulisan dan pembacaan data.

Sedangkan pada SSD, hanya menggunakan komponen yang terdapat pada PCB sama halnya pada flashdisk. Komponen - komponennya seperti Intergrated Circuit (IC), micro chip dan komponen pendukung lainnya.

Dari penjelasan di atas menunjukan bahwa, SSD lebih “tahan terhadap bantingan” dibandingkan dengan HDD, dikerenakan SSD tidak memiliki perangkat atau komponen yang bergerak di dalamnya. Jadi, apabila terjatuh atau terkena “goncangan” SDD tidak berpotensi rusak. Beda halnya dengan HDD yang sangat sensitif terhadap “goncangan” apalagi terjatuh.

Bukan cuman itu saja, karena perbedaan dari komponen yang di miliki HDD dan SSD sangat jauh berbeda, SSD lebih unggul 8 kali lipat kecepatan menulis dan membaca datanya di bandingkan HDD. Contohnya dalam mengcopy data, HDD membutuhkan 10 menit dalam prosesnya, sedangkan SSD cuman membutuhkan 2 menit atau bahkan bisa lebih cepat.

Perbedaan Fragmentasi dari HDD & SSD


Jika sobat menggunakan HDD, maka sobat harus melakukan pen-defragkan secara berkala terhadap HDD tersebut. Karena jika sobat tidak melakukan pen-defragkan, maka kinerja dari HDD sobat akan menurun seiring lamanya pemakaian.

Tapi jika sobat menggunakan SSD, sobat tidak perlu melakukan pen-defragkan sama sekali. Hal tersebut dikarenakan SSD menggunakan Chip Flash dalam komponennya untuk menyimpan data.


Perbedaan Harga dari HDD dan SSD


Untuk perbedaan dari segi harga HDD dan SSD sangatlah menonjol. SSD sangat mahal harganya bisa tiga sampai empat kali lipat dari harga HDD. Itu semua dikarenakan SSD jauh lebih unggul dibandingkan dengan HDD.

Gimana sobat? dari uraian di atas, mana yang akan sobat gunakan. Ya pastinya SSD, karena SSD memiiki keunggulan yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan HDD, tapi semua itu tergantung dari kebutuhan sobat sekalian, karena dari perbandingan harganya juga cukup jauh berbeda.

Demikian ulasan singkat dari Perbedaan Harddisk HDD & Solid State Drive SSD, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.
Show comments
Hide comments
No comments:
Write komentar

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email