Tuesday, July 2, 2019

Cara Recording Suara atau Vocal di FL Studio


Selain dapat membuat sebuah instrument musik, FL Studio juga memiliki fitur lain yaitu, merekam suara atau vocal. Ada beberapa metode yang bisa di terapkan dalam merekam suara atau vocal pada FL Studio ini. Jadi sobat bisa melakukan perekaman suara atau vocal menggunakan salah satu dari metode tersebut sesuai dengan kebutuhan sobat.

Oke, sesuai penjelasan singkat di atas, pada kesempatan kali ini, TOP GLOBAL SOLUTIONS akan memberikan tutorial bagaimana Cara Recording Suara atau Vocal di FL Studio.

Baca juga :
Untuk melakukan perekeman di FL Studio, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mensetting audio devicenya. Silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Cara Setting Audio Device di FL Studio

Yang pertama, buka FL Studio, lalu pilih menu OPTIONS -> Audio Settings.


Setelah terbuka jendela baru, pada tab menu Audio terdapat menu Device, silahkan sobat pilih audio device mana yang akan digunakan. Atau sobat pilih saja ASIO4ALL (Pada saat kita melakukan penginstalan FL Studio kita sudah mendapatkan ASIO4ALL tanpa harus menginstalnya lagi). Jika sobat menggunakan Sound card eksternal, maka silahkan sobat pilih Device Sound card eksternal yang sobat gunakan tersebut.


Langkah selanjutnya kita pergi ke Mixer, dengan cara mengklik icon Mixer. Setelah itu, kita akan mencoba merekam (record) pada track (channel) 1 atau lainnya, jangan merekam pada track (channel) master, karena semua suara yang ada di dalam FL Studio yang sudah sobat masukan akan ikut terekam, terkecuali tidak ada suara apapun di dalam FL Studio sobat.


Setelah itu, pada pojok kanan atas Mixer, silahkan sobat pilih Audio Inputnya, tergantung pada microphone yang telah terpasang di PC atau laptop sobat. Atau sobat pilih saja Input 1.


Jika Audio Input yang sobat pilih sudah dapat bekerja dengan baik, maka indikator level dari track (channel) Mixer akan menyala naik-turun menyesuaikan dengan suara yang masuk melalui microphone.


Setelah kita mengatur Audio Devicenya, maka langkah selanjutnya kita menuju pada proses perekamannya (Recording).

Cara Merekam (Recording) Suara atau Vocal Menggunakan FL Studio

Yang pertama, silahkan sobat klik icon Record, kemudian akan tampil jendela baru dan terlihat beberapa pilihan atau metode dalam perekaman yaitu :

1. Audio, into the Edison aoudio editor/recorder
2. Audio, into the playlist as an audio clip
3. Notes and automation
4. Everything


Dari beberapa metode perekaman (recording) di atas, sobat bisa menggunakan salah satunya, tergantung dari kebutuhan sobat sendiri. Nah, untuk ulasan lebih detail bagaimana proses dari beberapa metode tersebut, silahkan sobat ikuti langkah - langkahnya di bawah ini.

Merekam Suara atau Vocal Menggunakan Metode 1 (Audio, into the Edison audio editor/recorder) di FL Studio

Pada perekaman menggunakan metode 1 ini, kita menggunakan Plugin Edison. Sobat bisa saja melakukan perekaman menggunakan Edison secara otomatis dengan cara klik icon Record, lalu pilih Audio, into the Edison audio editor/recorder, maka secara otomatis langsung terekam menggunakan Edison. Namun perekaman tersebut akan berlangsung menggunakan pengaturan standart atau settingan defaultnya Edison.


Jika sebelum melakukan perekaman menggunakan Edison, sobat ingin merubah pengaturan Edisonnya terlebih dahulu, maka langkah di atas sobat tidak perlu lakukan. Yang harus sobat lakukan adalah memasukan Plugin Edison secara manual di channel Mixer dengan cara, klik tanda panah pada slot mana saja yang ada jedela sebelah kanan Mixer, lalu pilih Select -> Edison.


Setelah Edisonnya muncul, disitu ada 4 pilihan cara perekaman yaitu, Now, On input, Input dan On play


Dari keempat pilihan cara perekaman tersebut, memiliki fungsi sebagai berikut.
  1. Now : jika sobat memilih Now, maka pada saat sobat mengklik icon record di Edison akan secara langsung direkam.
  2. On input : jika sobat memilih On input, maka proses perekaman akan mulai jika ada suara yang masuk.
  3. Input : jika sobat melilih Input, maka proses perekaman akan mulai jika ada suara yang masuk, tapi akan pause secara otomatis ketika suara diam.
  4. On play : jika sobat memilih On play, maka proses perekaman akan mulai jika sobat mengklik tombol play pada FL Studio (bukan tombol play di Edison). Cara ini sangat cocok bagi sobat yang ingin merekam sebuah lagu, karena pada saat tombol play pada FL Studio (bukan tombol play di Edison) di tekan, proses perekaman suara atau vocal di Edison akan berjalan dan instrument musik yang ada di playlist juga akan ikut terplay, namun tidak terecord.
Di sini sebagai contoh kita menggunakan Now sebagai cara perekaman menggunakan Edison. Klik pada icon Record yang ada di Edison. Setelah sudah selesai merekam, klik lagi pada icon Record untuk menghentikan perekaman.


Di sini kita bisa langsung menyimpan hasil rekaman tersebut dengan format WAV ke folder yang kita inginkan, dengan cara mengklik ikon Save as, lalu silahkan sobat berikan nama filenya, lalu klik Save.


Atau, kita juga bisa langsung masukan ke Playlist sebagai audio clip. Dengan cara mengklik icon Send to playlist as audio clip.


Merekam Suara atau Vocal Menggunakan Metode 2 (Audio, into the playlist as an audio clip) di FL Studio

Pada perekaman menggunakan metode 2 ini, kita akan merekam menggunakan Audio, into the playlist as an audio clip, yang artinya hasil rekaman yang kita rekam tersebut akan masuk secara otomatis ke Playlist sebagai audio clip. Caranya, klik icon Record, lalu pilih Audio, into the playlist as an audio clip.


Setelah selesai merekam klik tombol Stop dan klik icon Record untuk menghentikan rekaman.


File dari hasil rekaman juga secara otomatis tersimpan di folder C:\ Program Files (x86) -> Image-Line -> FL Studio 12 -> Data -> Patches -> Recorded.


Merekam Menggunakan Metode 3 (Notes and automation) di FL Studio

Pada perekaman menggunakan metode 3 ini, kita akan merekam menggunakan Notes and automation. Artinya, secara otomatis dari rekaman tersebut akan menghasilkan sebuah Note MIDI Pattern. Namun, untuk merekam menggunakan metode ini hanya bisa dilakukan pada instrument musik menggunakan plugin, bukan untuk merekam vocal. Contohnya kita mainkan piano menggunakan VST plugin bawaan dari FL Studio yaitu, FL Keys.

Silahkan sobat pilih menu ADD -> FL Keys, lalu klik icon Channel rack. Setelah jendela Channel racknya tampil, silahkan sobat pilih pada track (channel) berapa penempatan FL Keys di Mixer.



Setelah itu, untuk merekamnya klik icon Record, lalu pilih Notes and automation, kemudian klik tombol play dan silahkan sobat mainkan piano atau FL Keysnya.


Setelah selesai merekamnya klik tombol Stop dan icon Record untuk menghentikan rekamannya. Maka secara otomatis akan muncul Note MIDI Pattern di Playlist dari FL Keys yang sudah sobat mainkan tadi.


Merekam Suara atau Vocal Menggunakan Metode 4 (Everything) di FL Studio

Pada perekaman menggunakan metode 4 ini, kita akan merekam menggunakan Everything, artinya kita bisa merekam secara keseluruhan, mulai dari suara atau vocal (audio clip) dan instrument musik (Note MIDI Pattern dan juga audio clipnya) sekaligus. Dengan metode ini kita dapat merekam secara multi track.

Di sini, sebagai contoh untuk suara atau vocalnya disetting di track (channel) satu, lalu untuk instrument musik atau piano (FL Keys) pada track (channel) dua dan pastikan icon Record pada Mixer di track (channel) satu dan dua sudah berwarna merah atau di aktifkan.


Setelah itu, untuk merekamnya klik icon Record, lalu pilih Everything, kemudian klik tombol play dan silahkan sobat bernyanyi sambil memainkan piano atau FL Keysnya.


Setelah merekamnya klik tombol Stop dan icon Record untuk menghentikan rekamannya. Maka akan muncul secara otomatis di Playlist, audio clip dari suara atau vocal dan juga audio clip dari FL Keys beserta Note MIDI Patternnya.


Itulah beberapa metode dalam perekaman (recording) suara atau vocal menggunakan FL Studio. Silahkan sobat terapkan metode mana yang sobat sukai sesuai dengan kebutuhan sobat.

Demikian tutorial sederhana bagaimana Cara Recording Suara atau Vocal di FL Studio, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan SELAMAT MENCOBA.
Show comments
Hide comments
1 comment:
Write komentar
  1. Bang mau tanya, kalau cara tampilkan lagi pemberitahuan 4 metoder recording di atas gimana ya?

    Masalahnya saya pencet tombol "don't task me again!" alhasil egk ada tampilan lagi. Setelah dicari-cari belum ketemu.

    Mohon solusinya 🙏

    ReplyDelete

Dapatkan Updatetan Artikel Terbaru Via Email